PENGARUH DEBU PADA KOMPUTER

Terkadang kita kurang memperhatikan masalah debu yang berada pada computer kita,khususnya debu yang berada didalam casing atau motherboard dari computer, Padahal debu dapat mengganggu atau bahkan merusak komponen yang ada pada computer kita.
Debu mengandung partikel elektrik/listrik, dimana partikel tersebut bisa menyebabkan terjadinya hubungan pendek antar komponen (korslet). Hubungan pendek sepersekian detik saja bisa menyebabkan komponen yang ada didalamnya langsung terbakar. Jadi berhati-hatilah bila debu sudah kelihatan tebal, terutama di bagian yang berdekatan dengan prosesor.

Sebagai tindakan pencegahan, bersihkan motherboardnya dengan kuas, atau bila ada vacuum cleaner, gunakan vacuum cleaner. Setelah terlihat bersih, rapikan juga instalasi kabel didalam computer, Kabel yang semrawut menyebabkan sirkulasi udara di dalam casing kurang lancar lancar. Hal tersebut dapat menyebabkan komponen didalamnya akan mudah panas. Dikhawatirkan karena panas yang berlebihan, komponen akan cepat aus atau rusak.
Oleh karena itu, adakan pemeliharanaan secara rutin, dengan cara membersihkan bagian dalam computer secara berkala,paling cepat 1 bulan dan paling lambat 3 bulan rutin diadakan pembersihan,agar PC anda awet dan tahan lama.
Selamat mencoba !